Selasa, 21 Oktober 2014

PERTANIAN PISANG di DAERAH CILACAP


 CILACAP, Ditengah serbuan buah impor, buah lokal masih mampu untuk berkembang. Diantaranya, buah pisang jenis ambon kuning dan pisang raja bulu yang kini banyak dikembangkan di sejumlah daerah di Jawa Tengah termasuk Cilacap. Apalagi pasar kedua jenis komoditi lokal tersebut terbentang luas, terkait dengan tingginya permintaan pasar.
 Hal ini sangat menguntungkan bagi masyarakat Cilacap apa lagi di Kecamatan Kedungreja, mereka masyarakat membuat aneka ragam jajanan dari pisang, seperti saleh, kripik. Didalam pembuatan saleh juga dibagi-bagi ada saleh kering dab basah.
 Hasil pemasaran dari saleh ini sudah sangat jauh, sampai ke luar pulau Jawa, seperti Bali.
Karena peminatnya sudah banyak jadi di daerah Cilacap banyak didirikan berbagai perusahaan-perusahan untuk mengembangkan produksi Saleh. Selain untuk mengembangkan pertanian, masyarakat juga  jadi punya tambahan keuangan. Walaupun itu cuman perusahaan-perusahaan kecil tapi mereka sudah bisa mengelola pabrik kecil itu dengan baik, ya walaupun terkadang masih banyak kekurangan, tetapi masyarakat Cilacap tetap tetap senang dan semangat dalam mengembangkan perusahaan-perusahaan mereka.
 Hal ini diuntungkan dengan iklim didaerah Cilacap yang baik untuk perkembangbiakan atau pertumbuhan pisang, jadi antara petani pisang dan pengusah saleh dan kripik mereka melakukan simbiosis mutualisme (saling menguntungkan).

4 komentar: