Rabu, 22 Oktober 2014



 Pertanian berbasis kearifan lokal
 Assalamu’alaikum wr.wb...
Hai teman kali ini saya akan membahas tentang pertanian berbasis kearifan lokal...
Semoga bermanfaat J
Pertanian berbasis kearifan lokal adalah suatu sistem pertanian yang menggunakan kebijakan-kebiajakan dengan alam sekitar, selalu ada pemikiran dahulu sebelum melakukan sistem pertanian dengan melihat keadaan daerah sekitar.
  Petani adalah salah satu pekerjaan yang kebanyakan dari masyarakat desa. Petani memerlukan pemberdayaan yang berkelanjutan. Pemberdayaan masyarakat petani berbasis kearifan lokal tertuju pada penggunaan bahan pangan dari lingkungan sekitar dan penyelamatan tanaman tanpa bahan kimia (pestisida organik) . Bumi indonesia ini gemah ripah loh jinawi yang mengartikan bahwa pertanian di Indonesia itu sangat banyak dan beraneka macam. Tetapi saat ini keadaan pangan sangat menyedihkan. Masalahnya, lahan pertanian berkurang.  Hal ini karena tuntutan perubahan dari masyarakt pertanian menjadi masyarakat industri. Kita tidak bisa memanfaatkannya secara maksimal. Selanjutnya kita mengandalkan impor dari negara lain yang seharusnya kita mampu menghasilkannya. Ketahanan pangan menjadi sangat rentan. Jika hal ini berlangsung terus, hasil lokal pangan kita hilang tanapa jejak. Satu-satunya solusi adalah kembali ke pertanian yang lokal. Kebijakan ini juga harus pemerintah ikut andil. Mari jaga lingkungan pertanian dengan berbasis kearifan lokal yang sesungguhnya memiliki banyak manfaat untuk hidup manusia dan mahkluk hidup lainnya.
 Dan yang paling utama dari pemberdayaan petani berbasis kearifan local adalah sumber pendapatannya  mampu mensejahterakan masyarakat didaerah itu. Atau lebih sederhananya, sebuah pembangunan akan menjadi sia-sia jika pemerintah tidak mengenal kebiasaan masyarakat atau potensi yang tepat untuk pembangunan didaerah tersebut.
 Maka dari itu, seharusnya pemerintahan dengan masyarkat  bisa saling bekerja sama, supaya antar pihak pemerintah dan masyarakat akan saling menguntungkan. Dan sebenarnya kearifan lokal ditujukan untuk petani-petani didaerah tersebut untuk lebih bisa mengolah alam sekitar untuk kelangsungan hidup mereka sendiri.
 Jika para petani melakukan pertanian berbasis kearifan lokal dengan benar maka mereka akan merasakan hasilnya, alam yang damai dan hasil pertanian yang maksimal tanpa merusak keadaan lingkungan. Hal ini harus disebar luaskan ke seluruh penjuru, sehingga para petani mereka semua akan mengetahui cara bertani yang benar. Dalam keadaan yang sudah menata pertanian berbasis kearifan lokal akan sangat menguntungkan pihak pemerintah karena kebutuhan masyarakat akan terpenuhi tanpa harus mengandalkan pangan dari luar negri, dan alam juga akan selalu bedampingan dengan kita.

Terimaksih...
Wasalamu’alaikum wr.wb..
 Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar